Powered by Blogger.

Cara Insert Tambah data Database MySQL PHP

Posted by KANDAL TERLARIS 21


Pada saat kita ingin menambah data dalam tabel di database MySQL, kita bisa menggunakan dua cara. Cara pertama kita bisa menggunakan bantuan software pengolah database seperti phpMyAdmin, atau cara kedua kita bisa menggunakan trik memasukkan skrip perintah SQL kedalam skrip PHP. Pada tutorial ini kita akan membahas cara kedua yaitu cara insert tambah data database MySQL PHP dengan form/formulir dan tanpa form HTML.
Insert Data ke Tabel MySQL tanpa form HTML
Data dapat dimasukkan ke dalam tabel MySQL dengan mengeksekusi pernyataan INSERT SQL melalui fungsi PHP mysql_query. Di bawah contoh sederhana untuk menyisipkan catatan ke dalam tabel karyawan.
Perhatikan contoh skrip insert data ke tabel di database MySQL dengan PHP berikut ini:
Skrip PHP
<?php
$dbhost = 'localhost';
$dbuser = 'root';
$dbpass = 'password';
$koneksi = mysql_connect($dbhost, $dbuser, $dbpass);
if(! $koneksi )
{
  die('Gagal Koneksi: ' . mysql_error());
}
$sql = 'INSERT INTO karyawan '.
       '(nama_karyawan,alm_karyawan, gaji_karyawan, tgl_gabung) '.
       'VALUES ( "nyekrip", "alamat nyekrip", 34000, NOW() )';
mysql_select_db('test_db');
$tambahdata = mysql_query( $sql, $koneksi );
if(! $tambahdata )
{
  die('Gagal tambah data: ' . mysql_error());
}
echo "Berhasil tambah data\n";
mysql_close($koneksi);
?>
Insert Data ke Tabel MySQL dengan form HTML
Dalam aplikasi nyata, kebanyakan proses insert data melalui form dalam HTML, semua nilai akan diambil menggunakan formulir HTML dan kemudian nilai-nilai tersebut akan ditangkap dengan menggunakan skrip PHP (GET atau POST) dan akhirnya nilai-nilai tersebut dimasukkan ke dalam tabel MySQL.
Untuk lebih mendalami tentang GET atau POST dalam form HTML, silahkan kunjungi tutorial ” Membuat Form HTML dg POST dan GET di PHP “.
Saat melakukan insert atau tambah data, praktek terbaik yaitu menambahkan fungsi get_magic_quotes_gpc() untuk memeriksa apakah konfigurasi saat ini untuk magic quote sudah diatur atau tidak. Fungsi ini sangat bermanfaat, kebanyakan fungsi ini dipakai untuk mencegah error ketika string query yang dijalankan (dieksekusi) mengandung karakter khusus.terimakasih

Related Post



Post a Comment